Luhut: Tak Ada 'Papa Minta Saham' dalam Rencana Divestasi Freeport

Jum'at, 30 November 2018 - 17:48 WIB
Luhut: Tak Ada Papa Minta Saham dalam Rencana Divestasi Freeport
Luhut: Tak Ada 'Papa Minta Saham' dalam Rencana Divestasi Freeport
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, menegaskan tidak ada isu 'papa minta saham' dalam rencana divestasi 51% saham PT Freeport Indonesia. Termasuk mengenai jatah Pemerintah Daerah (Pemda) Papua yang sebesar 10%.

Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat terbatas kemarin telah menegaskan untuk tidak ada titipan apapun dalam rencana divestasi. Jatah 10% untuk pemda pun harus dinikmati rakyat Papua, dan tidak boleh ada perusahaan yang masuk dalam saham tersebut.

"TIdak ada titipan-titipan disana. Pemda 10% murni. TIdak boleh ada perusahaan masuk disana. Presiden sudah beritahu. Enggak ada 'papa minta saham' itu. Pemda itu 10%. Rakyat Papua menikmati itu," katanya di Gedung Kemenko bidang Kemaritiman, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

Luhut menambahkan, Jokowi pun telah berpesan agar proses divestasi Freeport harus rampung pada tahun ini. Seperti diketahui, Indonesai melalui PT Inalum (Persero) akan membeli hak partisipasi Rio Tinto yang ada di Freeport.

"Soal Freeport, kemarin kita rapat. Semua sudah selesai hanya proses waktu saja. Akhir tahun sudah selesai, Presiden sudah perintahkan," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5386 seconds (0.1#10.140)